Nama/NIM : Putu Pasek Okta Mahawardana/1404505040
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Belajar Pemrograman GUI
Sekarang saya akan berbagi ilmu tentang pemrograman GUI pada
java. GUI ( Graphic User Interface ) merupakan pemrograman dengan bahasa Java
yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan grafis.
Berikut ini adalah koding dari GUI.
import
javax.swing.*;
import
java.awt.*;
import
java.awt.event.*;
public
class helloWorld extends JFrame {
helloWorld(String title) {
this.setSize(500,500);
setTitle(title);
}
public static void main(String[] args) {
helloWorld window = new
helloWorld("GUI Java Hello World");
window.setVisible(true);
window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
Pada
baris pertama yaitu import javax.swing.*; berfungsi untuk mengambil library swing,
setelah itu pada baris kedua itu berfungsi untuk mengambil library awt. Pada public
class helloWorld extends JFrame ini untuk membuat class helloWorld dengan
extand Jframe. Pada his.setSize(500,500); untuk menentukan ukuran frame yang
akan di buat,tinggal kita masukkan berapa panjang dan berapa lebar frame yang
kita inginkan, setelah itu pada helloWorld window = new helloWorld untuk membuat
objek jFrame agar bisa di panggil di fungsi lain dan menjelaskan variable helloWorld
itu sebagai helloWorld. -("GUI Java Hello World"); digunakan untuk title
atau judul dari aplikasi yang akan kalian buat, dan yang terakhir window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); untuk bisa membuat Frame bisa Default Close
atau bisa menutup jendela tersebut.
Dibawah ini adalah screenshot program diatas.
Dan ini adalah hasil program diatas.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar